UEFA Tak Anggap Bale dalam Skuad Terbaik Piala Eropa 2016

1468308412_uefa-tak-anggap-bale-dalam-skuad-terbaik-piala-eropa-2016-8yIHpUs3GO.jpg

PARIS – Keputusan yang mengejutkan diambil oleh komite khusus dari UEFA untuk memilih pemain dan tim terbaik pada Piala Eropa 2016. Dalam pemilihan pemain terbaik, UEFA tak mendapat kritikan karena telah memilih Antoine Griezmann. Namun dalam pemilihan skuad terbaik, UEFA harus mendapat kritikan.

Maklum saja, dalam daftar 11 pemain yang dibuat oleh komite yang dianggotai oleh sosok tenar seperti Sir Alex Ferguson tersebut, tak ada nama Gareth Bale yang mewakili Wales. Justru nama Joe Allen masuk dalam daftar nama tersebut.

Media asal Spanyol, Marca, menyebut keputusan tersebut sangat kontroversial. Bagi Marca, Gareth Bale adalah sosok penting yang membawa Wales lolos ke babak semifinal—yang menjadi raihan terbesar Wales di gelaran Piala Eropa.

Portugal yang menjadi juara Piala Eropa 2016 mengirimkan empat pemain dalam daftar tersebut. Jumlah tersebut membuat mereka menyumbangkan nama pemain paling banyak jika dibandingkan dengan negara lainnya.

Penampilan Rui Patricio di bawah mistar gawang Portugal membuatnya terpilih menjadi penjaga gawang terbaik dan masuk dalam daftar 11 pemain pilihan UEFA tersebut. Selain Patricio, Portugal juga mengirim Pepe, Raphael Guerreiro, dan Cristiano Ronaldo.

Sementara itu, Jerman yang gagal mengawinkan gelar Piala Eropa 2016 dengan gelar Piala Dunia 2014 berhasil mengirimkan tiga pemain, yakni Joshua Kimmich, Jerome Boaten, dan Toni Kroos.

“Setelah perdebatan dan pengamatan, kami memilih pemain terbaik di Piala Eropa 2016. Kami percaya ke-11 pemain ini adalah yang terbaik di Piala Eropa 2016,” ujar Sir Alex Fergusons seperti diberitakan Football Espana, Selasa (12/7/2016).

Tim Terbaik Piala Eropa 2016: Rui Patricio (Portugal); Joshua Kimmich (Jerman), Jerome Boateng (Jerman), Pepe (Portugal), Raphael Guerreiro (Portugal); Toni Kroos (Jerman), Joe Allen (Wales); Antoine Griezmann (Prancis), Aaron Ramsey (Wales), Dimitri Payet (Prancis); dan Cristiano Ronaldo (Portugal)

(fap)

Sbr