Guillermo Ochoa = Gordon Banks

Bolamember.com

Guillermo Ochoa = Gordon Banks

Guillermo Ochoa,Penjaga gawang  timnas Meksiko didaulat menjadi pemain terbaik atau Man on the Match pada laga melawan tuan rumah Brazil di Piala Dunia 2014 sekaligus menjadi kiper pertama yang menerima penghargaan tersebut. Kiper  yang berstatus free agent dari Ajjacio (Liga Prancis) ini tercatat menghalau seluruh tembakan on target pemain Brazil, termasuk tandukan Neymar dan Silva sehingga El Tri bisa mendapatkan satu angka. Secara keseluruhan Ochoa melakukan penyelamatan  dari serbuan pemain tim Samba sebanyak delapan kali.

Sepertinya,aksi yang paling heroik Ochoa diperlihatkan pada menit ke-26. Saat itu, sundulan Neymar yang mengarah ke pojok gawang kanan, berhasil ditepis pemain yang bernama lengkap Francisco Guillermo Ochoa Magaña ini lewat penyelamatan yang  gemilang. Media-media Brasil menyebut aksi tersebut mirip dengan penyelamatan kiper Inggris, Gordon Banks saat menepis sundulan Pele di Piala Dunia 1970.

Memo,Panggilan untuk Guillermo Ochoa sendiri sudah lama menanti kesempatan untuk berlaga di Piala Dunia. Ia membutuhkan waktu lama untuk meyakinkan pelatih Meksiko mengenai kemampuannya. Pada ajang Piala Dunia 2006 yang diselenggarakan di Jerman, ia masih menjadi kiper ketiga. Empat tahun kemudian, ia juga masih merupakan deputi kiper Oscar Perez.

Dan akhirnya,kesempatan emas itu ia dapatkan di usianya yang ke 28 tahun. Tak sia-sia coach Miguel Herrera memilih dirinya sebagai kiper utama daripada rekannya Jose Corona, Guillermo Ochoa dalam dua pertandingan sukses melakukan dua kali clean sheet. Penampilannya saat berlaga mencengangkan. Ochoa membuat Neymar dan kawan-kawan frustrasi. Didaulat sebagai pemain terbaik dalam pertandingan antara Brazil kontra Meksiko, Ochoa tak bisa menutup kebahagiaannya. Ia mengatakan bahwa  laga ini adalah pertandingan terbaik yang pernah dialaminya.

Sumber :kompas.com,bola.net