Jerman VS Portugal,2 Tim yang Sama-Sama Kuat

Bolamember.com

 

Jerman vs Portugal, 2 team yang sama-sama kuat

Ada pertandingan yang sayang untuk dilewatkan Senin (16/06/2014) pukul 23.00 WIB atau jam sebelas nanti malam. Pertarungan antara Kubu Jerman dan Portugal di Grup G yang merupakan dua kekuatan raksasa sepakbola di Eropa ini menjadi ajang pertarungan gengsi dan prestise antara keduanya. Pertarungan antara Dua tim ini yang bercokol diperingkat 10 besar dunia ini yaitu Jerman peringkat dua dan Portugal ranking empat  sekaligus menjadi penanda laga ke-100 bagi Jerman sepanjang sejarah Piala Dunia.

Berikut beberapa fakta dan data yang di kutip dari Goal.com yang mengiringi duel maut antara De Panzer dan Seleccao

  • Jerman sekali kalah dari 18 pertandingan terakhir mereka di babak grup Piala Dunia, itu saat melawan Serbia pada 18 Juni 2010 (0-1), selebihnya memenangi  13 laga dan empat kali imbang.
  • Portugal pernah menelan kekalahan dari dua calon lawan mereka di Grup G Piala Dunia: yakni Amerika Serikat pada 2002 dan Jerman pada 2006 di ajang yang sama.
  • Jerman mengawali enam Piala Dunia terakhir mereka dengan kemenangan, terakhir kali mereka gagal memenangkan laga perdana pada tahun 1986,saat bermain imbang 1-1 dengan Uruguay.
  • Jerman mendapatkan paling banyak gol diantara peserta lain saat babak kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa (36).
  • Moutinho mencatatkan umpan terbanyak dibandingkan pemain lainnya pada saat babak kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa (10).
  • Portugal hanya bisa menang sekali di tujuh laga Piala Dunia terakhir mereka (7-0 v Korea Utara di 2010), mencatatkan tiga hasil imbang serta tiga kekalahan.
  • Cristiano Ronaldo baru mengemas dua gol dari total 48 percobaan tendangan yang telah ia lakukan selama ajang Piala Dunia.
  • Portugal memenangkan  tiga dari 17 pertandingan internasional sebelumnya kontra Jerman (D5 K9), kalah tiga di turnamen besar terakhir (Piala Dunia 2006, Piala Eropa 2012 dan 2008).
  • Miroslav Klose saat ini memiliki catatan 14 gol di Piala Dunia – hanya bintang Brasil, Ronaldo yang memiliki pencapaian lebih banyak yaitu 15.

Sejak Piala Dunia digelar pada 1930, Portugal sudah diklasifikasikan sebagai tim terkuat dari kawasan Eropa selain Belanda,Inggris Jerman,Perancis,dan Spanyol. Penampilan Portugal sangat dipengaruhi oleh bintang lapangan mereka, Cristiano Ronaldo. Peraih gelar Ballon d’Or itu diharapkan bisa berlaga walaupun  masih terganggu oleh kaki kirinya yang belum 100% sembuh betul dari cedera.

Selain CR7,julukan untuk Ronaldo,Seleccao punya pemain yang tidak kalah berbakat  di lini pertahanan seperti Pepe dan Fabio Coentrao yang merupakan rekan CR7 di Real Madrid. Mereka juga punya pemain kreatif Moutinho,yang mengasisteni dua dari hat-trick penuh dengan  kenangan yang bobol Ronaldo ke pertahanan Swedia di leg kedua play-off. Tetapi Sayangnya di  bagian posisi penyerang, tidak ada nama lain yang bisa dibilang sebanding dengan Ronaldo.

Dikubu lawan,meskipun beberapa waktu lalu Jermansempat mengalami penurunan permainan namun akhir-akhir ini sudah bisa mengembalikan form terbaiknya. Wajar jika banyak pengamat memprediksi Der Panzer  akan melesat ke perdelapan final. Timnas Jerman,selalu tampil konsisten dalam empat pertandingan besar terakhir yang diikuti,tiga kali semifinal serta sekali tampil di partai puncak.

Namun,Cederanya beberapa pemain andalan,mulai dari bek tengah Holger Badstuber, gelandang Ilkay Gundogan dan Lars Bender membuat persiapan Jerman menghadapi Portugal menjadi sedikit terganggu. Tetapi Sang Pelatih,Joachim Loew juga masih memiliki sekumpulan pemain-pemain yang berbakat dan sebagian dari mereka  sedang berada dalam puncak karir, ditambah lagi dengan pasukan muda yang dianggap sebagai salah satu penerus  generasi terbaik persepakbolaan di dunia.

Jerman pada penampilan pertamanya di Piala Dunia 2014 ini diperkirakan akan menampilkan pemain-pemain muda yang berkualitas bersanding dengan pemain bintang Mikroslav sebagai pemicu gebrakan-gebrakan yang brilian yang terkenal dengan long passing yang terarah, kerjasama yang solid, dan alur permainan yang terkontrol.

Pemenang Grup G nantinya akan mendapatkan pertandingan yang lebih mudah menghadapi salah satu dari Aljazair, Rusia, atau Korea Selatan dari Grup H, sedangkan runner-up kemungkinan akan melawan Belgia.

Sumber:Kompas.com,Goal.com