Jerman Membuat Malu Portugal

Bolamember.com

Jerman membuat malu portugalHip…hip…horaaayyy Germany wins the game!

Ya,Jerman memukul telak Portugal di laga perdana babak penyisihan grup G Piala Dunia 2014 yang bertempat a diArena Fonte Nova Stadion Itaipava, Senin (16/6/2014) malam WIB dengan perolehan skor 4-0. Wow,memang istimewa dengan  diwarnai oleh hattrick Muller dan satu gol lainnya dari Matt Hummels, skuat besutan Joachim Loew ini mempermalukan para pemain Timnas Portugal yang harus berbesar hati menerima kekalahannya

Ketika pertandingan baru saja dimulai, kedua tim langsung beraksi saling melemparkan setangan. Peluang manis pertama lahir dari kepala Mario Goetze yang pada  menit 2, nyaris sundulannya menjebol gawang Portugal. Tapi Beruntung ada Pepe yang bisa menghalau  kesempatan timnas yang dijuluki Der Panzer ini.

Di menit 7, pemain Portugal Cristiano Ronaldo melepaskan tendangan keras yang akhirnya  masih bisa ditahan  oleh Manuel Neuer. Tidak lama kemudian, Sami Khedira yang mendapat peluang. Dengan memanfaatkan kesalahan Rui Patricio, Khedira melepaskan tembakan langsung yang masih melenceng tipis di samping kanan gawang.

Thomas Muller pemain dari Jerman ini berhasil menciptakan gol dari tendangan eksekusi penalti karena Joao Pereira menjatuhkan Goetze di kotak terlarang pada menit ke 11. Dan sepertinya Hummels pun ingin ikut menyumbangkan golnya,pada menit ke 32 lewat sundulannya

Permainan semakin memanas,terjadi beberapa benturan dan salah satunya striker Portugal Hugo Almeida harus mengalami cedera di pahanya setelah bertabrakan dengan Matt Hummels.Selain kehilangan satu striker,Portugal pun harus menerima nasib,Pepe salah satu pemain andalannya terpaksa dikeluarkan dari lapangan karena melakukan pelanggaran di menit ke 37.Karena dinilai kasar,perbuatan menanduk kepala Muller membuat bek Portugal harus menerima kartu merah dari wasit.

Merasa tidak puas dengan hasil skor 2-0, Muller kembali membobol  gawang Portugal di satu menit tambahan pada babak pertama. pemain tengah itu membuat selisih semakin jauh dengan gol keempat pada menit ke-78 tanpa memberikan kesempatan sedikit pun  kepada Ronaldo dan rekannya untuk membalas.

Ini bukanlah kali pertama Jerman unggul di aksi perdananya. Pada Piala Dunia 2002, Jerman menghajar Arab Saudi delapan gol tanpa balas. Striker Miroslav Klose mengemas hattrick dan lima gol lainnya dibagi rata satu gol oleh Michael Ballack, Carsten Jancker, Thomas Linke, Oliver Bierhoff dan Bernd Schneider. sukses menjuarai grup dan terus melaju sampai babak final. Timnas Jerman akhirnya  gagal memboyong trofi pulang ke Jerman setelah takluk dari Brasil dengan skor 0-2 di Yokohama.

Saat  menggelar Pesta  Piala Dunia di negeri sendiri tahun 2006, Jerman mengalahkan Kostarika di babak penyisihan turnamen dengan skor 4-2. Philip Lahm mencetak gol pertama turnamen, sedangkan Paulo Wanchope memborong dua gol ke tuan rumah.Sayangnya, Jerman kembali gagal jadi pemenang karena langkah mereka terhenti di babak semifinal, setelah menyingkirkan Swedia di 16 Besar dan Argentina di perempat final. Die Mannschaft kalah 0-2 dari Italia pada babak extra time.

Empat tahun berikutnya, Jerman mengalahkan  Australia  dengan skor 4-0. Bermain di Durban (Afrika Selatan), empat gol Jerman disumbangkan oleh Lukas Podolski, Miroslav Klose, Thomas Muller dan Cacau. Tetapi. Lagi-lagi mereka kembali mengulang ‘prestasi’ di tahun 2006, usai disingkirkan tim dari negera matador Spanyol dengan perolehan skor  0-1 di babak semifinal.

Dan di tahun ini,terulang sejarah untuk kesekian kalinya Jerman unggul di partai perdana.Bagaimana kelanjutan perjuangan Tim Der Panzer ini,sepertinya sayang untuk dilewatkan juga,ya. Setelah kemenangan nya atas Portugal,Jerman nantinya akan berhadapan  dengan Ghana di Stadion Castelao ,Fortaleza pada Minggu (22/06/2014) pukul 02.00 dini hari.

Sebagai pelatih dari tim yang mengalami kekalahan,Scolari tetap membesarkan hati anak didiknya dengan tidak mengendurkan semangat serta semakin mematangkan permainan,seperti yang dilansir dari kompas.com berikut.

“Saya ingin mengingatkan Portugal dan teman-teman saya di sana bahwa Portugal di Piala Eropa 2004, saat saya masih menjadi pelatih, kami kalah di laga pembuka grup dan kami memenangkan laga lainnya untuk lolos dari penyisihan grup. Portugal harus membawa kekalahan ini dan menang di pertandingan berikutnya serta menang lagi di laga ketiga untuk lolos. Portugal mempunyai kualitas untuk melangkah ke babak selanjutnya,” kata Scolari.

Babak penyisihan selanjutnya,Portugal akan berhadapan dengan Timnas Amerika bertempat diArena Amazonia,Manaus pada hari Senin (23/06/2014) pukul 05.00 pagi.

Sumber :Tempo.com,detik.com,liputan6.com