Brazil Juara Piala Dunia 2014

Bolamember.com

Piala Dunia FIFA, atau sering disebut Piala Dunia saja, adalah kompetisi sepak bola internasional yang diikuti oleh tim nasional putra senior anggota Fédération Internationale de Football Association (FIFA), badan pengatur sepak bola dunia. Kejuaraan ini telah diselenggarakan setiap empat tahun sekali sejak turnamen 1930, kecuali pada tahun 1942 dan 1946, yang tidak diselenggarakan karena Perang Dunia II. Juara Piala Dunia saat ini adalah Spanyol, yang menjuarai turnamen 2010 di Afrika Selatan.

Format turnamen saat ini diikuti oleh 32 tim yang bersaing memperebutkan gelar juara di gelanggang olahraga di negara tuan rumah dalam waktu sekitar satu bulan; babak ini sering disebut dengan Final Piala Dunia. Tahap kualifikasi, yang saat ini diselenggarakan dalam waktu tiga tahun menjelang Piala Dunia, digelar untuk menentukan tim mana yang akan lolos ke turnamen, bersama dengan negara tuan rumah.

19 turnamen Piala Dunia telah dimenangkan oleh delapan tim nasional berbeda. Brasil telah menjuarai Piala Dunia sebanyak lima kali, dan merupakan satu-satunya tim yang secara rutin mengikuti setiap turnamen. Juara Piala Dunia lainnya adalah Italia, dengan empat gelar juara; Jerman Barat dengan tiga gelar juara; Argentina dan Uruguay dengan dua gelar juara; serta Inggris, Perancis dan Spanyol dengan satu gelar juara masing-masingnya.

Kali ini,Piala Dunia 2014 diselenggarakan di Brasil yang terkenal dengan tarian sambanya.mempercayakan pertarungan di lapangan hijau ini pada 23 player yang kompeten seperti Kiper: Jefferson (Botafogo), Julio Cesar (Toronto FC), Victor (Atletico MG),Bek: Dante (Bayern Munich) David Luiz (Chelsea), Henrique (Napoli), Thiago Silva (PSG) Dani Alves (Barcelona), Maicon (Roma) Marcelo (Real Madrid), Maxwell (PSG),Gelandang: Fernandinho (Manchester City) Hernanes (Inter) Luiz Gustavo (Wolfsburg) Oscar (Chelsea) Paulinho (Tottenham Hotspur), Ramires (Chelsea), Willian (Chelsea).,penyerang: Bernard (Shakhtar Donetsk), Fred (Fluminense) Hulk (Zenit) Jo (Atletico MG), Neymar (Barcelona).
Dengan formasi yang dipenuhi oleh pemain kawakan,banyak yang mengunggulkan Brasil menjadi juara di Piala Dunia kali ini,mengulang keberhasilannya di tahun 2002 lalu. Ada empat pemain legenda yang hadir dalam sesi jumpa pers di hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (5/6) malam. Mereka adalah Gennaro Gattuso, Manuel Rui Costa, Alessandro Nesta, dan Hidetoshi Nakata. Menariknya, keempat pemain tersebut malah tidak terlalu menjagokan negara mereka menjadi juara Piala Dunia kali ini.

“Saya pikir Piala Dunia kali ini tidak mudah untuk Italia. Sulit bermain di Brasil dengan temperatur yang sangat panas,” ujar Gattuso, mantan pemain timnas Italia.

“Brasil dan Argentina difavoritkan. Saya pikir, Brasil memiliki kans lebih besar sebagai juara karena mereka tuan rumah,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan mantan kompatriot Gattuso di timnas Italia dan AC Milan, Alessandro Nesta. “Saya rasa Piala Dunia kali ini akan sangat ketat. Brasil bisa memenangkannya,” papar mantan penggawa Lazio ini.

“Portugal bisa bermain baik di Piala Dunia. Favorit saya Jerman, Brasil, dan Spanyol,” tutur Rui Costa.

Selain para pemain legenda, Bintang timnas Jepang Keisuke Honda punya target tinggi di Piala Dunia 2014 mendatang. Ia yakin bahwa negaranya bisa menjadi juara di Brasil nanti. Mantan pemain timnas Inggris Michael Owen sebelumnya pernah memprediksi bahwa pasukan Alberto Zaccheroni ini bisa tembus sampai babak perempat final. Namun Honda tak setuju dengan itu dan memasang target yang lebih tinggi.

“Saya akan terus mengatakan soal target untuk menjuarai Piala Dunia dan tak peduli dengan pandangan orang lain mengenai hal ini,” ujar pemain AC Milan ini kepada reporter.

“Saya tidak bisa lebih bahagia lagi sebagai pemain sepak bola jika ada lebih banyak orang mengharapkan kami juara dari sebelumnya, sebagai akibat dari yang saya katakan sebelumnya. Saya tidak akan pernah menyerah dan akan mempertahankan keyakinan saya.”

Jepang sendiri di Piala Dunia nanti tergabung dalam Grup D bersama Kolombia, Yunani dan Pantai Gading.

Sumber :merdeka.com,Wikipedia.com,goal.com