5 Catatan Menarik Leg I Playoff Liga Champions 2014-2015

Champions
Champions
Playoff Liga Champions

DUA PULUH tim sepakbola akan berusaha maksimal untuk mencapai fase Grup turnamen elit tingkat Eropa di gelaran UEFA Liga Champions musim 2014-2015.

Untuk itu mereka akan bertarung ‘mati-matian’ dalam babak playoff dua putaran demi memperebutkan sepuluh tiket tersisa di tahap tersebut melalui rute Champions dan Liga.

Sebelumnya 22 klub telah memastikan diri masuk ke fase grup UCL musim ini.

Arsenal merupakan salah satunya dimana tim Liga Primer Inggris ini telah bermain di fase ini sebanyak tujuh kali dalam sembilan tahun terakhir. Namun kini anak-anak asuhan Arsene Wenger bakal menghadapi tim kuat dari Turki, Besiktas.

Klub-klub dari liga-liga top lainnya dalam fase playoff ini meliputi Athletic Bilbao (Spanyol), Bayer Leverkusen (Jerman), Napoli (Italia) dan FC Porto (Portugal).

Setiap tim yang lolos ke tahap grup akan mendapatkan total reward minimal $ 11,5 juta dollar AS, ditambah bonus untuk setiap kali menang ataupun imbang, serta mendapatkan royalti dari hak siar.

Berikut adalah lima hal yang perlu diketahui tentang permainan leg pertama pekan ini:

BA Jadi Ancaman Untuk Arsenal

Akan ada wajah yang tidak asing bagi Arsenal tatkala mengunjungi Stadion Olympic Ataturk di Istanbul Turki untuk menghadapi Beskitas. Baca prediksinya disini.

Demba Ba berubah menjadi striker top tim Turki setelah pindah pada musim panas kemarin dari Chelsea dan dia telah membuat awal yang baik di Besiktas, mencetak hattrick untuk membantu kemenangan agregat 5-2 atas Feyenoord di babak kualifikasi ketiga.

Ba pernah mencetak dua gol di gawang Arsenal pada Desember 2012 di pertandingan terakhirnya untuk Newcastle United sebelum bergabung dengan Chelsea.

Namun, Arsenal tidak akan gentar, karna klub London ini pun sudah menggaet striker tak kalah hebatnya, Alexis Sanchez. Ia akan menambah kekuatan The Gunners bersama Olivier Giroud, Mesut Ozil, Santi Cazorla dan Aaron Ramsey.

Arsenal terlihat mantap dengan mengawali musim Liga Premier dengan kemenangan 2-1 atas Crystal Palace pada Sabtu kemarin.

Napoli Jumpa Lawan Tangguh

Napoli berharap mendapatkan lawan yang kurang diunggulkan pada drawing playoff Liga Champions musim ini, namun kenyataan berkata lain. Mereka akan berhadapan dengan tim kuat La Liga, Athletic Bilbao.

Tim dari Italia ini masih menyisakan kekecewaan di fase grup Liga Champions 2013-14, dimana Napoli mengumpulkan poin terbanyak dari 16 tim yang gagal keluar dari penyisihan grup.

Napoli memenangkan empat pertandingan dari enam laga mereka di tahap grup dan mengumpulkan 12 poin, namun, mereka tereliminasi karna selisih gol di belakang Borussia Dortmund dan Arsenal.

Pertandingan Rabu ini di Stadio San Paolo akan menjadi pertandingan kompetitif pertama di musim ini.

Celtic yang Beruntung

Celtic berhasil lolos ke fase playoff dikarnakan kesalahan dari Legia Warsaw. Semula Celtic kalah dengan agregat 6-1 dari Legia di babak kualifikasi ketiga.

Namun tim asal Polandia tersebut ketahuan curang dengan menurunkan pemain yang diskorsing, Bartosz Bereszyński pada leg kedua. Sebagai hasilnya, Celtic diberikan penghargaan kemenangan 3-0, dan skor agregat menjadi 4-4 serta meloloskan Celtic melalui gol tandang.

Legia gagal melakukan banding ke UEFA pekan lalu, yang berarti Celtic berhak atas tempat di babak playoff.

Di atas kertas, Celtic mendapatkan undian yang dinilai memberikan peluang besar untuk menang dengan melawan Maribor, tim yang hanya pernah satu kali mencapai tahap grup Liga Champions – pada tahun 1999. Faktanya Maribor telah tersingkir sebanyak dua kali di putaran playoff dua tahun terakhir.

Leverkusen dalam Kondisi Prima

Bayer Leverkusen memiliki kesempatan emas dapat mencapai fase grup Liga Champions untuk dua musim beruntun, karna kini mereka menghadapi tim kurang unggulan FC Copenhagen.

Pelatih Roger Schmidt telah mendatangkan pemain baru, gelandang berbakat Hakan Calhanoglu dan striker produktif Josip Drmic dari masing-masing Hamburger SV dan Nuremberg.

Jika Leverkusen bisa mencapai fase grup, Schmidt berharap bisa membawa timnya melaju lebih jauh dari babak 16, di mana tim ini dikalahkan dengan agregat 6-1 musim lalu dari PSG.

Mantan striker Jerman Stefan Kiessling melakukan pemanasan untuk pertandingan ini dengan mencetak lima gol bagi Leverkusen pada kemenangan 6-0 atas Alemannia Waldalgesheim di babak pertama Piala Jerman Jumat kemarin.

Zenit Ingin Pesta Gol

Zenit St Petersburg ingin mencetak lebih banyak gol saat tim Rusia ini mengunjungi Standard Liege pada hari Rabu setempat atau Kamis (21/8/2014) dinihari WIB..

Di bawah pelatih Andre Villas-Boas, Zenit nampak makin solid dengan menduduki puncak liga domestik Rusia, dan mereka termasuk dalam tim subur gol.

Namun penampilan mereka kurang gemilang saat melakoni dua putaran kualifikasi ketiga UCL. Mereka lolos ke babak playoff dengan menang agregat 3-1 atas AEL Limassol.

Sumber : namafb